Jumat, 22 Januari 2010

Strategi Menggalang Dana

A. Pengertian Strategi
Strategi sebagai sebuah kata yang lebih tua dari istilah manajemen. Strategi sebagai sebuah kosa kata pada mulanya berasal dari bahasa Yunani, yaitu ‘strategeia’ ini berasal dari kata ‘stratos’ yang berarti militer dan ‘ag’ yang berarti memimpin. Berdasarkan pemeknaan ini, maka kata strategi pada awal kosa kata disiplin ilmu manajemen, namun lebih dekat dengan bidang kemiliteran.


Strategi menurut kamus Oxford English Dictionary mengandung arti sebagai “the art of commander-in-chief : the art of projecting and directing the large military movements and operationsof a campaign” yang memiliki terjemahan bebas anatara lain “seni seorang panglima tertinggi: seni memproyeksikan dan mengarahkan gerakan-gerakan yang lebih besar dari military dan pengoperasiansuatu kampanye”.

B.Menyusun Strategi Menggalang Dana
Strategi menggalang dana adalah tulang punggung kegiatan menggalang dana yang anda lakukan. Anda perlu memberikan perhatian penuh sejak dari awal pada setiap langkah yang anda ambil untuk menggalang dana. Agar segalanya berjalan lancar. Anda hanya membuang-buang waktu dan tenaga saja, jika anda tidak menyusun strategi yang baik.
1.Menentukan kebutuhan
Titik tolak dalam merumuskan strategi menggalang dana adalah menentukan kebutuhan organisasi. Ini dapat dilakukan pada tiga tingkatan :
1.Semata-mata agar bisa terus melakukan kegiatan
2.Untuk meningkatkan kegiatan untuk memenuhi kebutuhan yang terus bertambah
3.Perkembangan kegiatan organisasi dimasa depan

2.Bagaimana agar organisasi itu sendiri berkembang
Disamping tugas-tugas menyangkut dana, anda juga perlu membiayai organisasi itu sendiri dan masa depannya. Ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan :
1.Pengembangan modal
2.Dana abadi (Corpus Funds)
3.Menguarangi hidup bergantung pada pihak luar dan mengembangkan sumber dana independen
4.Mengembangkan landasan keanggotaan dan pendukung
5.Kemampuan berdiri sendiri untuk jangka panjang

3.Mengidentifikasi Sumber Daya
Dalam menyusun strategi menggalang dana titik tolak yang baik adalah mengidentifikasi sumber-sumber dana yang mungkin dapat digali :
Dukungan dari perseorangan, dia diajak menjadi anggota atau memberi sumbangan.
Sumbangan besar selama hidup, dan warisan setelah meninggal.
Dukungan dari kegiatan menggalang dana, seperti minta sumbangan dari masyarakat, mengadakan malam hiburan, acara massal seperti jalan kaki 10 kilometer.
Merumuskan strategi menggalang dana untuk mewujudkan kemampuan berdiri diatas kaki sendiri memerlukan pemikiran kreatif.

4.Menilai Peluang
Sebelum memtuskan sumber-sumber mana yang akan digali, anda perlu mempertimbangkan faktor-faktor berikut ini :
Pengalaman dimasa lalu.
Pendukung anda yang sewajarnya.
Anda ingin menjadi organisasi macam apa.
Gaya anda yang melakukan kegiatan.
Sumber daya dan keahlian yang anda miliki.
Sumber dana anda sekarang.
Peluang yang terbuka bagi anda.
Siapa yang anda kenal.

5.Persepektif Jangka Panjang Penting
Beberapa sumber dana pada dasarnya bersifat jangka pendek. Tetapi ada pula yang dapat dikembangkan menjadi mitra jangaka panjang. Jika anda punya rencana untuk mengembangakan organisasi anda untuk jangka panjang, maka anda perlu uang, tidak hanya untuk tahun ini tetapi juga untuk tahun depan, tahun berikutnya, dan tahun berikutnya, dan seterusnya. Jika anda menggalang dana untuk jangaka pendek, anda mungkin berhasil menghimpun dana untuk tahun ini dan tahun depan, tetapi setelah itu anda akan mengalami defisit. Karena ketika anda menggalang dana untuk masa depan anda, perhitungkan potensi setiap sumber untuk member dukungan dalam jangja panjang.

6.Mengidentifikasi Hambatan
Hambatan akan selalu ada ketika anda melakukan sesuatu. Ada hambatan yang timbul karena sifat organisasi dan apa yang diperjuangkannya. Ada yang timbul dari dalam tubuh organisasi sendiri. Beberapa datang dari luar. Apa pun sumber hambatan, anda perlu memperhitungkan ketika menyusun rencana menggalang dana.

7.Merumuskan Strategi Anda
Proses perencanaan strategis anda memepertimbangkan semua pilihan yang tersedia bagi anda, membuat keputusan berdasarkan informasi yang cukup lengkap mengenai pendekatan yang terbaik, merencanakan langkah-langkah berikutnya, dan mempertimbangkan dengan seksama sumber daya apa yang akan diperlukan. Ada beberapa teknik sederhana yang dapat digunakan untuk perencanaan strategis. Berikut ini empat teknik yang mungkin berguna untuk anda :
1.Matriks Ansoff (Ansoff Matrix)
Dengan teknik ini anda dapat menentukan cara yang terbaik untuk mendapatkan pendukung baru dan menggunakan teknik baru.
2.Analisis SWOT
Analisis SWOT (strength-weakness-opportunity-threat) mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang dan anacaman pada organisasi dan kegiatannya menggalang dana. Dengan melakukan SWOT anda dapat :
Mengembangkan metode-metode penggalangan dana yang dibangun diatas kekuatan anda.
Menghindari kelemahan-kelemahan atau mencari untuk cara mengimbangi kelemahan-kelemahan itu.
Meraih peluang-peluang yang terbuka.
Mengmbangkan cara-cara untuk mengatasi ancaman-ancaman yang muncul.
3.Analisis pihak berkepntingan
Analisis pihak berkepentingan mengindetifikasi perorangan dan lembaga yang menaruh perhatian pada organisasi anda dan kegiatannya, dan menggali alasan-alasan mengapa mereka mungkin tertarik membantu dengan dana atau menyumbangkan sumber daya lainnya, atau melalui semacam kemitraan.
4.Analisis PEST
Analisis PEST digunakan untuk memahami lingkungan tempat penggalangan dana dilakukan, agar dapat dilakukan analisa faktor-faktor luar apa saja yang mungkin berpengaruhpada organisasi atau pada kegiatan penggalangan dana. PEST menyelidiki lingkungan Politik, Ekonomi, Sosial dan Teknologi.

C.Menguji, Evaluasi dan Control
Mengntrol kegiatan menggalang dana penting sekali. Donor, pendukung dan dewan penasehat akan selalu menanyakan mengapa hasil yang anda peroleh seperi itu. Biaya yang tinggi untuk menggalang dana adalah iklan terburuk dalam mata pendukung-pendukung anda yng masih baru.

Penggalangan dana harus tahu persis apa yngsedang terjadi dan bagaimana dia memperoleh hasil yang lebih baik. Control atas penggalangan dana terpusat dimaksukan untuk memastikan perolehan dana yang sebesar-besarnya dengan biaya yang sekecil-kecilnya. Strategi penggalangan dana idealnya terdiri hanya dari unsur-unsur yang paling rendah biayanya. Persoalan utama karena itu adalah metode menggalang dana yang mana yang berbiaya rendah diperlukan tolok ukur yang menghubungkan efektivitas suatu metode menggalang dana dengan metode menggalang yang lain. Akhirnya, anda harus memantau terus apa yang anda lakukan dan membandingkan hasil yang anda capai kinerja dengan apa yang ada capai dimasa lalu dan bagaimana organisasi-organisasi lain, berhasil atau tidak.

Berikut ini beberapa cara mengukur sukses penggalangan dana :
1.Rasio penggalangn dana
Rasio antara dana yang terhimpun dan baiaya yang menghimpunnya. Donor tidak suka melihat rasio penggalangan dana rendah.
2.Pemasukan bersih
Jumlah yang sebenarnya anada peroleh setelah dikurangi semua biaya.
3.Tingkat respons
Persentase dari jumlah orang yang anda hubungi dan memberikan sumbangan. Semakin tinggi\ tingkat respons, semakin besar jumlah pendukung yang berhasil anda himpun.
4.Sumbangan rata-rata
Jumlah rata-rata yang diberikan setiap penyumbang. Jumlah total yng dihasilkan tergantung pada tingkat jawaban dan sumbangan rata-rata.
5.Biaya mencari pendukung
Biaya mendapatkan seorang pendukung baru, dan biaya ini kemudian dibandingkan dengan arus pendapatan yang dapat anda harapkan dari pendukung itu selama dia mendukung anda.
Control efektivitas penggalangan dana anda
Untuk mengontrol efektivitas penggalangan dana yang anda lakukan diperlukan dua informasi. Pertama, rencana yang realistis. Control kemudian terpusat pada memastikan anda tetap taat pada rencana anda, biaya yang dikeluarkan sesuai pos anggaran dan jumlah dana yang muncul direkening bank sesuai dengan perkiraan anda.
Anggaran penggalangan dana harus sejauh mungkin didasarkan pada pengalaman masa lalu. Jika nada tidak memiliki pengalaman. Anda lebih baik bertanya atau minta nasihat pada penggalang dana yang lain. Agar organisasi anad tidak dihadapkan pada risiko perkirakan yang anda buat seluruhnya meleset. Anda juga harus berhati-hati ketika membuat perkiraan dana yang dapat dihimpun dengan metode penggalngan dana baru dan belum pernah digunakan organisasi anda : atau ujilah metode itu terlebih dahulu sebelum anda melakukan investasi yang besar dalam metode itu.





3

3 komentar:

Putry ekha03 mengatakan...

gimana caranya membuat organisasinya ?

selimut mengatakan...

pake situs crowd funding bisa sangat efektif

samsulefendi mengatakan...

ASSALAMU ALAIKUM WR-WB KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUAN KI ROGO SEJATI, KARNA NOMOR GHOIB/RITUAL JITU YANG AKI BERIKAN 4D BENAR BENAR TEMBUS 100% DAN SAYA MEMENANGKAN 380 JUTA ALHAMDULILLAH, SAYA BISA MEMBELI RUMAH DAN MOBIL WALAUPUN SAYA CUMA PNS GOLONGAN 1B. INI ADALAH KISAH NYATA DARI SAYA. JIKA ANDA PENUH KEPERCAYAAN DAN KEYAKINAN, BERGABUNG DAN MENGHUBUNGI KI ROGO SEJATI. UNTUK KONFIRMASI LEBIH JELASNYA: >>>>>>>>KLIK DISINI<<<<<<<<<KARENA APAPUN KEADAAN ANDA JANGAN PERNAH BERPUTUS ASAH KALAU SUDAH WAKTUNYA TUHAN PASTI KASIH JALAN AMIN. JIKA ANDA BUTUH ANGKA RITUAL 2D 3D 4D 5D 6D 7D SILAHKAN BERGABUNG DAN MENGHUBUNGI KI ROGO SEJATI. SEMOGA JADI BERKAH AMINN.