Politik Perdagangan Luar Negeri  

Posted by husin in

Perdagangan luar negeri adalah antar Negara, antar bangsa serta antar ummat dalam aspek perdagangan. Yaitu, pelayanan urusan perdagangan ummat dari aspek luar negeri. Politik ini harus dibangun diatas landasan tertentu, dimana politik tersebut harus terikat dengan landasan tadi. Pandangan ummat terhadap perdagangan luar negeri juga berbeda-beda, menggikuti perdebaan pandangan hidupnya. Sehingga dengan berpijak kepada landasan tersebut terbentuklah hubungan antara berummatsatu dengan ummat-ummat lain. Begitu pula pandagan ummat tersebut bias berbeda, karena perbedaan pandangan ummat terhadap kepentingan internal ekonomi ummat, untuk mendapatkan keuntungan ekonominya.



Syarat perdaganmgan dinyatakan secara formula adalah:
Px
Syarat perdagangan --------- x 100
Pm

Dimana Px adalah indeks harga barang-barang yang di ekspor dan Pm adalah harga barang-barang yang diimpor suatu Negara. Untuk melihat perubahan syarat perdagangan dari tahun ke tahun, Negara tersebut akan menguntungkan Satu tahun tertentu sebagai tahun yang menjadi dasar perbandingan. Syarat perdagangan pada “ tahun dasar ” diberi angka indeks 100, dan ini tentunya adalah disebabkan karena Px = 100 dan Pm = 100.

Untuk memenuhi konsep syarat perdagangan, berikut ini ditunjukan suatu contoh angka mengenai cara penghiyungannya. Di Negara A, pada suatu tahun tertentu, indeks ekspornya telah mencapai 150 dan indeks inpornya mencapai 200. bagai manakah syarat perdagangan pada tahun itu dibandingkan dengan tahun dasar? Indeks syarat perdagangannya telah berubah menjadi: {150/ 200} x 100 = 75. Apakah arti dari perubahan ini? Apakah Negara tersebut beruntung dari perubahan ini?
Terlebih dahulu pertimbangkan yang berikut: apabila syarat perdagangan adalah lebih dari 100, adakah indeks seperti itu menggambarkan keuntungan yang diperoleh suatu Negara? Adakah perdagangan menguntungkan suatu Negara apabila indeks syarat perdagangan kurang dari 100? Indeks syaratan perdagangan yang lebih besar dari 100 berarti bahwa Px > Pm, yaitu harga barang-barang ekspor bertambah lebih cepat dari harga barang-barang impor. Ini adalah keadaan yang menguntungkan Negara itu karena dibutuhkan ekspor yang semakin sedikit untuk mengimpor barang yang sama dari Negara lain. Sebaliknya pula, indeks kurs syarat perdagangan yang lebih kecil dari 100 akan menimbulkan masalah dalam perekonomian Negara. Untuk memperoleh
barang impor yang sama banyaknya Negara itu perlu mengekspor lebih banyak.

0 komentar

Poskan Komentar

Image Hosted by UploadHouse.com

google translate

Masukkan Code ini K1-CBB7YD-4 untuk berbelanja di KutuKutuBuku.com

Blogroll

Pengikut

Contributors

Foto Saya
sya seorang yang berani mencoba hal yang baru yang bernilai positif buat saya

Banner

ex Link

Join Us!